Kerja Sampingan yang Variatif Hingga Cara Membagi Waktu

Kerja Sampingan yang Variatif Hingga Cara Membagi Waktu

Bukan rahasia umum lagi kalau kerja sampingan jadi pilihan banyak orang. Selain jam kerja yang fleksibel, pekerjaan ini bisa memberi penghasilan lebih. Buat para karyawan dengan gaji pas-pasan, tentu saja pekerjaan tersebut berharga. Pasalnya, mereka bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa mesti khawatir. Di samping itu, side job juga tak mengganggu jam kerja utama.

Alasan Mencari Pekerjaan Sampingan

Istilah kerja sampingan sendiri sudah muncul sejak lama. Side job identik dengan pekerjaan lain diluar pekerjaan utama, misalnya saja driver online, penulis, pembicara, dan lain sebagainya. Sebenarnya, ada banyak alasan seseorang memilih pekerjaan sampingan semacam ini. Terkadang alasannya pun tak melulu soal finansial, namun passion yang sempat tertunda.

Alasan Mencari Pekerjaan Sampingan

Contohnya saja, seorang karyawan yang bekerja di bidang manajemen. Ia punya passion di bidang desain grafis yang tak pernah terwujud selama ini. Untuk menuangkan passionnya, ia sengaja mengambil tawaran pekerjaan diluar kerjaan utama. Alhasil, ia pun punya side job di bidang yang ia sukai, tanpa harus kehilangan mata pencaharian utama.

Hal-hal seperti ini kerap terjadi di sekitar kita, tanpa disadari. Begitu banyak orang yang mencari cara untuk mengembangkan karir dari passion mereka. Sayangnya, tak sedikit dari mereka yang berujung kegagalan. Padahal kehidupan menuntut mereka untuk mampu menghasilkan pendapatan setiap bulannya. Tentu saja bekerja diluar passion jadi pilihan, jika pekerjaan tersebut mampu mereka jalani.

Beragam Pilihan Kerja Sampingan

Mengetahui alasan beberapa orang mencari kerja sampingan, Anda pasti penasaran. Apa saja sih bidang pekerjaan yang sering dijadikan side job oleh masyarakat sekarang? Kami merangkum beberapa pekerjaan sampingan yang tak menyita waktu sama sekali, seperti:

Fotografer

Punya kamera profesional dan hobi fotografi? Anda bisa memanfaatkan dua hal tersebut untuk mencari penghasilan tambahan. Mengabadikan momen jadi kebutuhan masyarakat di zaman sekarang.

Fotografer

Tak ayal jasa fotografer laris manis di pasaran, apalagi mendekati momen-momen tertentu, seperti lebaran atau natal. Buat Anda yang ingin meraup rupiah sebagai fotografer, sebaiknya buatlah portofolio menarik. Tak perlu memanfaatkan platform berbayar, Anda bisa maksimalkan penggunaan media sosial pribadi.

Editor Foto

Tak semua fotografer menerima permintaan editing foto. Umumnya, pekerjaan ini dilakukan oleh seorang editor foto. Mereka bakal menyulap foto mentah menjadi lebih menarik dan siap dipamerkan. Para selebgram dan artis biasanya menggunakan jasa editor foto sebelum mengunggah postingan mereka. Anda sendiri bisa melirik kerja sampingan online satu ini. Syaratnya sangat mudah, Anda mesti menguasai software photo editing dan betah berlama-lama di depan komputer.

Penulis

Kemunculan platform atau media digital membuka peluang pekerjaan luas bagi masyarakat. Satu diantaranya pekerjaan sebagai penulis artikel lepas. Buat Anda yang punya bakat menulis, tak ada salahnya memanfaatkan momen tersebut.

Untuk memulainya, Anda bisa membuat contoh tulisan menarik terkait satu tema. Lampirkan tulisan tersebut untuk melamar di beberapa media digital. Penghasilan yang didapat sebagai penulis artikel lepas pun tak bisa dianggap main-main. Anda bisa mengantongi ratusan ribu hingga jutaan rupiah dalam sebulan. Tertarik mencoba pekerjaan yang satu ini?

Web Developer

Dunia digital terus berkembang seiring perubahan zaman. Pekerjaan yang dulunya mungkin tak terbayangkan, kini hadir di depan mata Anda. Dulu, Anda mungkin tak paham istilah web developer dan pekerjaan yang dilakukannya. Sekarang, profesi ini paling banyak dicari oleh perusahaan maupun media besar.

Web Developer

Seorang web developer memiliki kompetensi di bidang coding maupun plugin WordPress. Tak jarang, mereka pun diminta untuk membuat sebuah website dari awal. Bayarannya pun tak tanggung-tanggung untuk sebuah website yang siap pakai. Pantas saja kalau web developer jadi side job paling menjanjikan.

Master of Ceremony (MC)

Profesi MC sangat cocok untuk Anda yang suka keramaian dan pintar menghidupkan suasana. Meskipun terlihat mudah, MC sebenarnya butuh usaha yang lebih. Seorang MC mesti pintar membaca suasana serta keramaian yang mereka hadapi. Kalau tidak, acara akan berakhir mengecewakan dan terkesan garing.

Mengapa lowongan kerja sampingan sebagai MC menjanjikan? Pasalnya, berbagai acara butuh seorang pemandu atau MC saat ini. Terlebih pekerjaannya pun biasa dilakukan diluar jam kerja pada umumnya, seperti di akhir pekan maupun malam hari.

Kerja Sampingan Sebagai Makelar

Kemampuan persuasif atau mempengaruhi orang kadangkala membawa untung. Dalam banyak pekerjaan, kemampuan semacam ini sering dimanfaatkan untuk meningkatkan angka penjualan. Supaya kemampuan tersebut terus terasah, cobalah menawarkan diri sebagai makelar. Anda bisa memperjualbelikan berbagai macam properti, kendaraan, maupun barang. Keuntungan yang didapat bisa mencapai jutaan rupiah, jika Anda berhasil menjual barang atau properti.

Cara Membagi Waktu

Setelah mengetahui 6 macam pekerjaan sampingan, kini saatnya Anda mencari tahu cara membagi waktu. Bagaimana kira-kira menjalankan dua pekerjaan sekaligus dalam waktu bersamaan? Apa pula yang harus diperhatikan sebelum mencari pekerjaan sampingan? Berikut saran yang bisa kami berikan untuk Anda.

Buat Skala Prioritas Kerja Sampingan

Mengingat pekerjaan utama jadi prioritas saat ini, tentu Anda harus mengutamakannya. Jika pekerjaan utama punya jam kerja yang saklek, ini bakal mempermudah Anda. Setidaknya, Anda tahu kapan waktu senggang setelah menjalani rutinitas harian.

Buat Skala Prioritas Kerja Sampingan

Dari sini, barulah Anda susun skala prioritas pekerjaan sampingan. Misalnya, pekerjaan mana yang terlebih dahulu masuk atau harus dikerjakan. Dengan begini, Anda tak akan merasa kelabakan atau merasa dikejar-kejar deadline.

Sesuai dengan Pekerjaan Utama

Guna menghindari tabrakan waktu atau masalah lainnya, ada baiknya pilih side job yang sesuai atau linear dengan pekerjaan utama. Sehingga Anda pun tak kewalahan membagi waktu ataupun menyusun prioritas.

Di samping itu, pilihan kerja sampingan di rumah yang terbilang fleksibel. Ini berarti Anda bisa menyelesaikan pekerjaan tanpa terkendala tempat maupun waktu. Walaupun ditetapkan batas waktu, setidaknya Anda tetap bisa rehat di sela-sela pekerjaan utama maupun sampingan.

Mengerjakan Kerja Sampingan Secara Bertahap

Kerjakan apapun yang bisa Anda kerjakan saat ini. Hitung-hitung Anda mencicil pekerjaan yang seyogyanya harus selesai besok. Dengan begini, Anda bisa sedikit bersantai dan terburu-buru dalam menyelesaikan pekerjaan yang ada.

Anda pun tak perlu khawatir dengan batas waktu yang telah ditetapkan. Setelah menyelesaikan satu pekerjaan, sebisa mungkin kerjaan tugas lainnya. Dijamin, pekerjaan Anda bakal terasa lebih mudah dan ringan. Tak ada istilah dikejar deadline atau mepet kalau semua pekerjaan dicicil dari jauh-jauh hari.

Jangan Menunda Pekerjaan

Kebiasaan menunda pekerjaan seringkali menjadi bumerang yang bisa meledak kapanpun. Pekerjaan bak bom waktu yang bisa membinasakan Anda dengan mudahnya. Menjalani dua pekerjaan sekaligus memang tak mudah, tapi bukan berarti Anda tak mampu.

Jangan Menunda Pekerjaan

Anda bisa melakukannya selama konsisten dan paham membagi waktu. Hindari menunda pekerjaan sampai tenggat waktunya tiba. Anda diperbolehkan mengambil rehat sejenak untuk refreshing atau melepas lelah. Namun ingat, refreshing tak boleh melenakan Anda, terlebih menjauhkan Anda dari prioritas kerja sampingan yang telah disusun.

 

 

Be the first to comment on "Kerja Sampingan yang Variatif Hingga Cara Membagi Waktu"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*