Tips Belajar Bisnis Instant

Tips Belajar Bisnis Instant

Tips Belajar Bisnis Instant – Apakah kamu pernah mencoba berbisnis? Di dalam benak kebanyakan orang pasti memiliki impian untuk menjadi pebisnis yang sukses. Membuka bisnis itu tidak semudah seperti yang orang bayangkan, banyak sekali orang yang coba coba melakukan bisnis ada yang langsung berhasil tetapi banyak juga yang gulung tikar. Oleh sebab itu sebelum kamu melakukannya ada baiknya untuk mengikuti tahapan belajar bisnis dahulu untuk mendapatkan ilmunya.

Tips Belajar Bisnis Instant

Kamu harus mengetahui banyak sekali faktor yang menyebabkan bisnis mengalami kegagalan diantaranya

  1. Produk yang tidak sesuai dengan kebutuhan pasar
  2. Kurangnya ilmu bisnis yang belum dikuasai
  3. Marketing yang tidak tepat
  4. Tim yang lemah
  5. Manajemen bisnis yang salah
  6. Kalah persaingan

Padahal semua elemen diatas adalah ilmu dasar dalam belajar bisnis.

Walaupun banyak sekali teori bisnis terkadang malah membuat anda bingung. Karena terkadang istilah yang mereka berikan tidak melihat dari mana auidiense berasal, karena tidak semua orang yang ingin belajar bisnis itu berasal dari kalangan yang berpendidikan tinggi.

Sebelum masuk lebih dalam sering terbenak beberapa pertanyaan yang sering muncul dipikiran kita misalkan

Apakah perbedaan pedagang dan pebisnis?

Apakah perbedaan pedagang dan pebisnis?

Ini adalah pembelajaran ilmu dasar pertama yang akan kita bahas, dari pertanyaan diatas pasti kamu berpikir kalau pedagang perputaran uang kecil kalau pebisnis perputaran uang besar. Nah sebenarnya bukan itu jawaban tepatnya.

Perbedaan utama dari pedagang dan pebisnis itu terletak pada mindsetnya atau sudut pandang pemikiran yang berbeda. Pedagang biasanya hanya mencari keuntungan semata sedangkan pebisnis pasti memiliki visi dan misi tertentu dalam melakukan suatu bisnis.

Keduanya mencari keuntungan

Keduanya mencari keuntungan

Walaupun keduanya sama sama mencari keuntungan tetapi konsep yang mereka lakukan jauh berbeda, pedagang biasanya mencari keuntungan besar yang instan sedangkan pebisnis mencari keuntungan jangka panjang.

Oleh sebab itu banyak orang salah kaprah tanpa dia sadari, banyak orang mengaku pedagang padahal yang dia lakukan itu bisnis, sebaliknya juga begitu mengaku bisnis padahal dia hanya pedagang saja.

Karena perbedaan mindset itulah akan timbul sebuah perilaku yang berbeda. Misalkan seorang pedagang akan bekerja berdasarkan tenaganya sendiri dia enggan merekrut pegawai karena nanti untung yang didapat tidak besar sedangkan pebisnis akan membentuk suatu sistem dimana orang lain yang bekerja dan dia bisa menikmati hasilnya juga.

Kita Akan Ambil Sedikit Contoh Untuk Belajar Bisnis

“A” sudah berjualan bakso dan dia mempunyai gerai bakso sebanyak 7 gerai setiap hari dia mendapatkan hasil bersih atau net profit sebesar 500 ribu rupiah per hari sudah 10 tahun dia menjual bakso dan memiliki 40 karyawan.”A” mendapatkan penghasilan dalam sebulan sebesar 15juta. Dia bekerja hanya mengontrol gerainya saja.

“B” adalah penjual perhiasasn batu berlian. Dia menjajakan batu berlian kepada teman temannya, setiap menjual berlian dia mendapatkan profit sebesar 10 juta rupiah. Dan dia sudah menjalaninya sendiri selama 10 tahun.

Siapakah yang disebut pedagang menurut kalian ? ya anda sudah tahu sekarang kan cara membedakannnya tentu saja “B” adalah pedagang berlian sedangkan “A” adalah pebisnis kuliner walaupun hasilnya tidak besar tetapi dia sudah memiliki sistem.

Bagaimana cara belajar bisnis yang tepat?

Bagaimana cara belajar bisnis yang tepat?

Saat ini sudah banyak sekali tutorial atau mentor yang membuka pelatihan khusus untuk belajar bisnis online. Tetapi seperti yang saya bilang sebelumnya anda harus mencari tahu terlebih dahulu riwayat dari mentor tersebut misalkan apa saja usahanya, apakah usahanya sudah berjalan lama. Jadi anda harus sangat selektif ya.

Bahkan anda bisa mendapatkan di internet belajar bisnis online gratis yang disediakan di chanel chanel youtube. Jadi sangat mudah kan,

Bagaimana mengetahui potensi pasar untuk Belajar Bisnis?

Bagaimana mengetahui potensi pasar?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu penyebab kegagalan bisnis adalah salah dalam menganalisa pasar, jadi produk yang anda jual tidak laku dipasaran.

Berikut yang harus anda lakukan dalam menganalisa pasar.

  • Melakukan pendekatan

Yang kamu lakukan hanya menganalisa dengan cara pendekatan dan mengamati permintaan pasar apa yang berpotensi. Misalakan kamu pergi ke suatu daerah lalu amati apa yang susah dicari di daerah tersebut dan mengapa terkendala untuk mencari barang tersebut.

  • Melakukan penawaran

Disini kamu lakukan hanya mencoba menawarkan produk yang menjadi potensi pasar dan amati apakah banyak yang tertarik dengan produk tersebut.

Dalam hal ini produk bisa berupa barang ataupun dalam bentuk jasa.

  • Pengamatan daya beli masyarakat

Dengan melakukan kegiatan ini kamu akan dapat menyimpulkan model bisnis apa yang cocok untuk bisnis kamu. Kamu dapat menentukan intensitas produk itu diperlukan aakah setiap hari, sebulan sekali atau bahkan satu tahun sekali.

Meskipun masih banyak lagi ilmu yang harus digali dalam belajar bisnis, kami berharap dari sedikit ulasan artikel ini dapat membangkitkan lagi jiwa bisnis kamu yang mungkin terpendam. Dan bermunculan para pengusaha baru yang dapat meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia tercinta.

 

Be the first to comment on "Tips Belajar Bisnis Instant"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*